Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog

Daftar Isi

    Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog. Karena menurut saya pribadi, bila kamu bisa menghindari 3 kebiasaan ini, membangun sebuah blog yang ramai dikunjungi bukanlah hal mustahil. Apa sajakah kebiasaan itu? Yuk lanjut ke bawah.

    Membangun sebuah blog yang bagus dalam artian memiliki manfaat sehingga ramai dikunjungi adalah idaman semua orang yang menekuni aktivitas blogging. Tapi acap kali para blogger ini tergesa-gesa dalam mencapainya sehingga pada akhirnya berakhir dengan kegagalan. Ada 3 kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh para blogger. 3 Kebiasaan itu adalah:

    1. Tidak tahu harus diisi apa blog tersebut

    Inilah masalah yang biasa dihadapi oleh seorang blogger. Seringkali ketika membuat sebuah blog kita mengkonsep sedemikian matang sampai sangat rinci. Namun ketika blog sudah jadi dan aktivitas blogging sudah dilakukan, kamu kehabisan ide tulisan dan memutuskan untuk menulis hal yang sedang ada di pikiran kamu dan membuat blog yang kamu buat yang asalnya adalah blog dengan niche khusus dan tertarget menjadi blog GADO-GADO. Nah, kuncinya disini adalah konsistensi. Pastikan kamu menulis bukan karena tekanan dari orang lain apalagi hanya ikut-ikutan tapi karena memang hal tersebut memang yang kamu sukai.

    Yang saya maksud adalah tulislah apa yang memang benar-benar kamu sukai. Jadi kamu tidak akan pernah kehabisan topik pembicaraan ketika hendak menulis karena memang hal yang kamu coba jelaskan melalui blog kamu tersebut adalah hal yang memang benar-benar kamu sukai dan pastinya kamu pun memahami betul tentang hal tersebut.

    Meski memang sebenarnya tidak ada salahnya juga untuk membuat sebuah blog GADO-GADO. For your information, Ninura juga kalau kamu perhatikan adalah blog gado-gado, loh. Tapi kalau kamu membuat blog ini, kamu harus benar-benar aktif nge-blog dan jangan setengah-setengah. Karena blog GADO-GADO itu sangat banyak dan jelas itu semua adalah saingan kalian. Ya, salah satunya adalah saya sendiri, hehehe. Tapi santai aja, kawan. Kalau masalah bersaing, pasti kamu menang deh karena saya belum terlalu mahir nge-blog. Itu adalah kebiasaan buruk pertama dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog yang akan saya coba paparkan kali ini. Lanjut!

    2. Tidak tahu tujuan "Untuk apa nge-blog"?

    Ini juga seringkali terjadi pada diri blogger, terutama untuk mereka yang baru terjun ke dunia per-blogging-an. Ada beberapa kasus yang saya temui ketika mereka ditanya "Kenapa abang nge-blog?" alasan mereka adalah karena:

    • Banyak yang bilang bisa ngehasilin uang jutaan dari nge-blog.
    • Banyak yang bilang bisa terkenal dari blog
    • Banyak yang bilang bisa sukses dari blog

    Tujuannya memang sudah bagus, tapi kalau terlalu melihat ke depan seperti itu sepertinya kurang baik juga. Kenapa? Karena blogging itu sama halnya kita membangun sebuah rumah. Awalnya kita memang membuat skema, tapi setelah itu jangan langsung membayangkan hasil rumahnya seperti apa, tapi kita harus mencoba menikmati proses pembuatan rumah tersebut. Dan juga memperhatikan kekurangan-kekurangan dari pembangunan tersebut. Akan datang waktunya kita melihat hasil dari apa yang kita bangun, tapi usahakan jangan lihat hasilnya terlebih dahulu tapi nikmatilah perjalanan menuju tujuan tersebut.

    Nah, menarget sesuatu untuk blog kamu mungkin tidak salah juga, sih. Tapi carilah dulu alasan yang bener-bener membuat kamu mantap untuk menjadi seorang blogger. Karena kalau tidak itu sama halnya seperti kita sedang mengendarai sepeda motor, ketika tujuan kita tidak jelas, bisa dipastikan ada perasaan bimbang tentang mau kemana kamu mengendarai motor tersebut, arah mana yang ingin kamu ambil, karena tujuan kamu tidak jelas. Berbeda dengan apabila kamu memiliki tujuan yang jelas, maka kamu dapat dengan mudah menentukan arah mana yang akan kamu ambil dengan pola pikir "Jalur tercepat menuju tujuan". Itu lebih baik ketimbang berputar-putar tidak jelas karena tujuan yang juga tidak jelas. Oke, ini adalah poin kedua dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog.

    3. Ingin cepat-cepat berpenghasilan dari blog

    Nah ini adalah alasan yang paling sering terjadi. Banyak sekali blogger yang bertanya "Situs pengiklan yang bayaran tinggi apa, ya?" tanpa mengerti apa-apa. Setelah diberi beberapa referensi oleh beberapa blogger lain lalu mereka pun mencobanya. Namun ketika dirasa hasilnya tidak optimal dan terlalu memakan waktu akhirnya mereka pun menyerah. Itulah yang sangat-sangat salah sebenarnya.

    Nih, saya beritahu sesuatu yang sering diajarkan master-master saya, dalam nge-blog itu kita memerlukan konsistensi dan kesabaran. Itu semua karena untuk melahirkan sebuah blog yang terbilang sukses tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena blog itu bisa sukses dengan 2 cara.

    1. Dengan cara modal uang, yaitu dengan mengiklankan blog kamu dan memperkenalkan blog kamu dengan cara diiklankan di berbagai situs pengiklan seperti Google Adwords, dan yang lainnya.
    2. Dengan cara modal tenaga, nah yang ini adalah cara yang saya tempuh, yaitu dengan bermodalkan tenaga, maksudnya adalah saya tidak memodalkan uang untuk mempromosikan nama blog saya. Saya hanya bermodalkan tenaga yang pastinya juga memakan waktu.

    Nah, sekarang tinggal kamu pilih, cara mana yang ingin kamu pakai. Dan satu lagi, saya juga diajarkan kalau sebenarnya tidak ada situs pengiklan yang terbaik atau yang terburuk di dunia ini. Karena situs pengiklan apapun yang kamu ikuti nantinya, kalau memang blog kamu itu berkualitas dan memiliki tingkat traffic yang terbilang bagus, maka bayaran yang mungkin kamu dapatkan pun bisa maksimal. Itulah poin ketiga dan terakhir dari 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog.

    Itulah apa yang bisa saya sampaikan tentang 3 Kebiasaan yang Salah Untuk Mulai Nge-blog. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat untuk blogger lainnya agar bisa memantapkan tekad nge-blog. Kalau berkenan baca juga ya artikel-artikel lain yang ada di blog ini. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.