Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger [Load on Scroll]

Daftar Isi

    Google Analytics adalah salah satu dari sekian banyak alat untuk melakukan analisa pengguna dan performa website kita. Google Analytics bekerja di belakang layar sehingga tanpa disadari sering memberatkan loading pengguna, apalagi pengguna yang masih menggunakan koneksi 3G. Ini terbukti dari laporan Google Pagespeed Insights dan GTMetrix yang seringkali mempermasalahkan cached dari script bawaan Google Analytics. Perhatikan dua gambar berikut ini.

    Hasil Pagespeed Insight

    Hasil GTMetrix

    Jelas kan bahwa script bawaan dari Google Analytics sering dianggap bermasalah padahal tidak terlalu bermasalah.

    Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan teknik lazy-loading Google Analytics. Gimana caranya? Berikut panduannya.

    Alat

    1. Komputer / Laptop

    Bahan

    1. Koneksi Internet
    2. Akun Blogger

    Lainnya

    Estimasi Waktu: 5 menit.

    Biaya: Rp0

    Panduan

    Langkah 1 - Masuk Edit HTML

    Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke akun Bloggermu. Setelah itu, di halaman muka Blogger, masuk ke menu template lalu buka tab Edit HTML. Untuk lebih jelasnya, ikuti saja contoh gambar di atas.

    Langkah 2 - Cari dan Hapus Kode Analytics Bawaan Blogger

    Langkah selanjutnya, silahkan kamu cari kode script Google Analytics bawaan Blogger. Biasanya terletak diantara <head> dan </head> namun tak menutup kemungkinan ada di antara <body> dan </body>. Kode bawaan dari Blogger biasanya berbentuk seperti ini: <b:include data='blog' name='google-analytics'/>. Silahkan kamu gunakan fitur CTRL+F untuk mempermudah. Jika sudah ketemu, silahkan kamu hapus kode tersebut.

    Langkah 3 - Masukkan Script Lazy Load Google Analytics

    Jika sudah, kamu paste kode script Lazy Load Google analytics berikut ke dalam template kamu. Jangan lupa untuk mengubah kode unik analytics yang ditandai dengan kode analytics milikmu. Dan setelah itu, tekan tombol Save atau Simpan.

    /*<![CDATA[*/var lazyanalytics=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyanalytics||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyanalytics)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-180845374-1";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyanalytics=!0)},!0);/*]]>*/

    Langkah 4 - Selesai

    Dengan begini kamu sudah mengaktifkan atau menggunakan fitur Lazy Load Google Analytics di template Blogger-mu.

    Penjelasan

    Bagaimana dampaknya? Silahkan perhatikan gambar berikut ini:

    Pagespeed Setelah Menggunakan Lazyload

    GTMetrix Setelah Menggunakan Lazyload

    Dari gambar tersebut kita bisa tahu bahwa sekarang script dari Google Analytics tidak lagi menjadi masalah. Kenapa begitu? Apakah script Google Analytics kita masih bekerja dan bisa detect kunjungan secara benar?

    Tenang, script nya masih berjalan seperti biasa kok. Nggak percaya, nih contoh deteksi dari Google Analytics dari blog baruku.

    *Hiraukan jumlah kunjungan yang masih sepi.

    Jadi gitu aja kali, ya tutorial memasang Lazy Load Google Analytics di Blogger yang bisa saya sampaikan. Kalau misalkan ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan semangat blogging. Sampai jumpa di artikel lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.