Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Buat Artikel Baru atau Edit Artikel Lama?

Daftar Isi

    Sebagai seorang blogger, satu hal yang sering jadi pertanyaan adalah,

    mana yang lebih baik, membuat sebanyak-banyaknya artikel atau mengedit artikel-artikel lama?'

    Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang hal tersebut.

    CATATAN: Tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, jadi saya harap ketidakakuratan informasi tidak terlalu dipermasalahkan.

    Ketika saya dihadapkan dengan dua pertanyaan tersebut, maka saya memilih untuk tetap konsisten membuat konten-konten baru untuk blog saya, tapi juga memperhatikan kualitas tulisan lama saya.

    Mungkin jarang kita perhatikan bahwa tulisan lama kita justru yang lebih membantu perkembangan blog kita, khususnya ketika tulisan lama kita merupakan tulisan long-term information seperti materi sekolah.

    Nah, untuk mengetahui apakah artikel lama kita itu memberi pengaruh terhadap perkembangan blog kita atau tidak, kita bisa mengetahuinya melalui Google Webmasters Tools.

    Apabila volume kemunculan artikel itu cukup besar, maka bisa dikatakan bahwa artikel tersebut perlu untuk diedit, diperbaiki, ditambahkan informasi dan media-media pendukung sehingga pengunjung yang nantinya datang berkunjung ke blog kita merasa nyaman membaca artikel tersebut dan betah berlama-lama di blog kita.

    Alhasil, tulisan lama tersebut dapat mendongkrak kredibilitas blog kita dengan terus menerus muncul di page one hasil pencarian Google.

    Tapi itu tidak berarti kita menurunkan intensitas update tulisan baru untuk blog kita.

    Kesimpulan

    Jadi, artikel baru dan artikel lama sama-sama penting bagi pertumbuhan blog kita. Jangan pilih salah satu untuk mengembangkan blog kita karena ini bukan pilihan. Terus konsisten untuk rutin mengupdate blog kita, dan juga kembangkan artikel-artikel lama yang sering muncul di hasil pencarian Google.

    Begitulah kiranya yang bisa saya bagikan tentang pengalaman saya menjawab pertanyaan tersebut. Saya yakin banyak pertanyaan yang muncul di benak teman-teman. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.

    Terima kasih telah berkenan membaca dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.