Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Kenapa Blogger Harus Terus Nge-blog?

Daftar Isi

    Pernah nggak kamu bertanya, “Ngapain sih ngeblog? Emang kita bisa sukses? Emang kita bisa berpenghasilan dari ngeblog?”

    Jujur. Jika terlintas pertanyaan seperti itu di kepala kamu, apa yang akan kamu rasakan? Pasti itu bikin kamu nge-drop, iya kan?

    Saya juga sempat berpikiran seperti itu. Dan kamu tahu apa yang saya rasakan? Ya, saya mengalami apa yang orang sering sebut dengan writer block. Itu adalah kondisi dimana seorang penulis (novel/ artikel) tidak mempunyai motivasi maupun ide untuk menulis.

    Stucked!

    Meskipun saya mencoba untuk membangkitkan motivasi saya, tetap saja tangan ini sulit untuk merangkai kata-kata.

    Setelah menulis artikel itu, saya pun hiatus dari dunia per-blogging-an. Saya benar-benar meninggalkan semua hal tentang blog. Saya membiarkan blog saya tidak terurus cukup lama. Mungkin sekitar enam bulan saya melupakan blog saya.

    Saya percaya. Nggak, saya yakin beberapa diantara kamu juga ada yang pernah mengalaminya.

    Lalu apa yang terjadi sehingga saya bisa kembali ke dunia per-blogging-an yang tidak menghasilkan ini?

    Waktu itu saya sempat ngobrol dengan salah seorang teman saya. Dari obrolan beragam topik itu, salah satu yang dibahas adalah tentang lagu favorit. Saya ditanya tentang lagu yang saya suka dari Avenged Sevenfold, dan yang saya ketahui adalah Dear God, Seize The Day, So Far Away, Beast and The Harlot, dan Bat Country.

    Lalu teman-teman saya bertanya tentang lagu Unholy Confessions, Reemissions, Eternal Rest, I Won’t See You Tonight, dan beberapa lagu Avenged Sevenfold lainnya yang kurang saya ingat.

    Nah, itulah yang menjadi awal kembalinya saya ke dunia per-blogging-an.

    Kira-kira paham nggak?

    Jadi begini, dari perbincangan itu saya sadar kalau sebenarnya semua orang itu punya porsi yang sama untuk mengenal dan dikenal melalui karya. Kalau saya tanya pada kamu, tahukah kamu tentang Elvis Prisley? Lagu-lagunya? Bagaimana dengan Eminem? Tahukah kalian lagu-lagunya? Mungkin kamu tahu beberapa seperti Rap God atau Not Afraid karena memang sangat populer, tapi pernahkah kalian dengar lagu Murder Murder, atau Low Down Dirty, atau mungkin If I Had…?

    Mungkin tidak.

    Intinya adalah semua orang punya masanya. Kita mungkin bisa bermimpi setiap apa yang kita buat atau lakukan menjadi viral seperti halnya Raditya Dika dengan karyanya, Pidi Baiq dengan Dilan Milea-nya, ataupun Raffi Ahmad dengan track record-nya. Tapi, tak selalu mimpi itu menjadi nyata.

    So, buat kalian yang juga pernah nge-blog atau sekarang masih aktif nge-blog, teruslah menulis. Teruslah berkarya. Mungkin kalian akan mempertimbangkan “Apa yang akan kalian dapatkan?” yang mana nanti akan menuntun kalian menuju keputusasaan. Ketika itu terjadi, ingat juga bahwa setiap legenda berawal dari ketiadaan. Setiap orang terkenal pernah sekali tak dikenal. Tak semua karya akan diingat, tapi pasti ada satu yang akan mengangkatmu ke tempat yang lebih tinggi, lebih cerah, lebih baik.

    Oleh karena itu, sekali lagi saya minta dan saya harap kamu senang hati untuk melaksanakannya. Tolong! Tolong dengat sangat, jangan berhenti untuk terus berkarya karena orang-orang tanpa karya hanyalah orang yang tidak beguna. Ya, itu menurut saya pribadi, sih.

    Mungkin kalian pernah mendengar sebuah petuah dari seorang legenda, Walt Disney:

    If you can dream it, you can do it.Walt Disney

    Coba pegang prinsip itu kuat-kuat dan terus melangkah maju. Pasti, meskipun tak tahu kapan, semua kerja keras dan jerih payahmu akan terbayarkan dengan hasil yang memuaskan. Percayalah.

    Semoga tulisan ini dapat memberikan sebuah motivasi bagi kamu untuk terus berkarya dalam beragam bentuk. Selamat berkarya dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.