Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Tingkatkan SEO Blog dengan Validasi CSS Blog

Daftar Isi

    Kali ini saya ingin membahas tentang manfaat menjadikan blog kalian valid CSS, terutama Valid CSS3.

    Apa itu CSS?

    Mungkin kawan sering mendengar istilah ini, CSS. Tahukah kawan apa maksud dari CSS ini? Menurut Wikipedia CSS adalah:

    A style sheet language used for describing the presentation of a document written in a markup language.

    Sederhananya, CSS adalah sekumpulan kode yang digunakan untuk menjelaskan dokumen yang tertulis. Memberi warna, merubah ukuran, mengatur posisi, dan beberapa pengaturan layout lainya. Semuanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan CSS ini. Lalu apa itu CSS3?

    Lagi-lagi menurut Wikipedia, CSS3 adalah:

    An abbreviation for Cascading Style Sheets, level 3, a declarative stylesheet language for structured documents.

    Mungkin kalau saya jelaskan, mudahnya seperti ini. CSS telah banyak mengalami perkembangan. Awalnya CSS1, lalu mengalami beberapa perubahan dan menjadi CSS2. Lalu beberapa waktu berlalu, CSS kembali berkembang ke tahap yang lebih baik dan dikenal dengan CSS3. Mungkin alurnya seperti provider telepon yang awalnya GPRS-2G-3G-4G dan seterusnya hingga orang bosan mengembangkan teknologi.

    Manfaat Valid CSS / CSS3

    Nah, sekarang saya ingin sedikit menjelaskan alasan kenapa kawan harus membuat blog kawan valid CSS, khususnya CSS3. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali browser yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Mungkin beberapa yang sudah sangat familiar di telinga kita adalah dua browser raksasa, yaitu Mozilla Firefox dan Google Chrome. Tapi tahukah kawan bahwa sesungguhnya masih banyak browser lain yang juga banyak digunakan di dunia seperti Opera, UC, Edge, Safari dan masih banyak lagi.

    Nah, tidak semua browser dapat membaca mark-up CSS yang baru. Jadi kalau CSS blog kita tidak valid, jangan heran kalau suatu saat ada yang bertanya kepada kawan, "Kenapa tampilan blognya begini lah, begitu lah?" Jawaban yang paling memungkinkan adalah karena CSS yang kawan gunakan dalam blog kawan tidak terproses secara sempurna oleh browser yang digunakan oleh pengunjung blog kawan.

    Intinya, dengan membuat blog kawan valid CSS/CSS3, kawan dapat menghindari kejadian dimana tampilan blog kawan rusak di beberapa browser. Begitu!

    Cara Membuat Blog Valid CSS / CSS3

    Bagaimana kawan, sudahkah kawan tertarik untuk menjadikan blog kawan valid CSS/CSS3? Jika iya, yang perlu kawan lakukan adalah mengikuti instruksi sederhana di bawah ini:

    1. Silahkan buka http://jigsaw.w3.org/css-validator.
    2. Masukkan url blog kawan di kolom yang telah disediakan.Apabila CSS blog kawan terdapat Error, itu menandakan bahwa CSS blog kawan belum valid.
    3. Untuk menanganinya, kawan dapat menghapus CSS Syntax yang error atau memperbaikinya.
    4. Untuk Warning, kawan bisa hiraukan karena tidak akan memberi dampak besar. Biasanya Warning terjadi karena kode CSS yang kawan gunakan bersifat spesifik, seperti '-moz-' yang hanya berlaku untuk browser Mozilla Firefox.Setelah menghapus, silahkan lakukan langkah 1-2 hingga semua error telah tiada.Selesai.

    Apabila kawan melakukannya dengan benar, maka blog kawan akan diberi hadiah oleh W3 sebuah badge seperti yang saya miliki di bawah ini:

    Bagaimana kawan, mudah sekali, bukan? Silahkan kawan coba. Bila kawan menemukan kesulitan atau masalah, silahkan sampaikan di kolom komentar. Bila memungkinkan akan saya bantu.

    Note: Pastikan kawan memeriksa tiga halaman ini: Homepage, Posting Page, dan Static Page sehingga seluruh halaman yang terdapat di blog kawan terverifikasi valid CSS/CSS3.

    Kesimpulan

    Membuat blog yang valid CSS akan sangat membantu kawan dalam men-desain karena kode menjadi lebih sederhana dan teratur. Selain itu juga dapat memberi kenikmatan lebih untuk pengunjung karena tampilan blog akan menjadi konsisten tanpa perubahan yang besar apabila dibuka di browser yang berbeda.

    Semoga tulisan saya ini dapat membantu. Budayakan menjadi blogwalker yang baik dengan meninggalkan jejak (minimal berkomentar). Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Salam blogger dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.