Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Belajar HTML: Elemen Paragraf

Daftar Isi

    Kali ini saya mau merangkum apa yang baru saya pelajari lagi tentang dasar-dasar kode pemrograman HTML. Kode yang akan saya bahas kali ini adalah <p>. Untuk kamu yang belum tahu atau kurang familiar dengan kedua elemen tersebut, silahkan baca tulisan saya berikut untuk menguliknya.

    Apa itu Elemen Paragraf?

    HTML Paragraphs adalah tag atau elemen HTML yang berfungsi untuk membuat konten di dalam tag tersebut menjadi paragraf. Tag ini biasanya digunakan untuk konten berupa teks/ tulisan.

    Kode HTML Paragraph adalah seperti ini:

    <p>...konten tulisan...</p>

    Teks yang menggunakan tag HTML Paragraph akan langsung dimulai pada baris baru dan secara otomatis memiliki margin atas dan bawah tanpa perlu penyesuaian CSS Styling.

    Konten di dalam tag HTML Paragraph juga akan membuat kelebihan spasi (extra spaces) dan baris baru hilang secara otomatis.

    Tips: Jangan masukkan elemen container seperti blockquote (<blockquote>), HTML Headings, atau lainnya di dalam elemen paragraph <p> agar tidak merusak sematic dari elemen Paragraf.

    Default CSS

    Berikut adalah CSS bawan dari elemen <p> yang digunakan oleh mayoritas browser besar yang ada.

    p{display:block;margin:1em 0;}

    Atribut HTML

    Elemen paragraf <p> ini tidak mempunyai atribut khusus . Meski begitu, elemen ini juga dapat menggunakan Atribut HTML Umum / Global.

    Contoh Penerapan

    Catatan

    • Meski berbentuk paragraf, indensasi dari text tetap harus diatur secara manual dengan metode CSS Styling menggunakan properti text-indent.
    • Alternatif lain untuk elemen HTML Paragraph adalah HTML Preformatted Text (<pre>).

    Penutup

    Itulah sedikit rangkuman tentang HTML Paragraph yang bisa saya bagikan. Jika ada yang kurang, kurang jelas, atau salah silahkan beritahukan atau tanyakan saja melalui kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Elemen Paragraf sangat bermanfaat untuk membuat teks tampil lebih rapih dan tidak memuat banyak DOM yang memperberat loading.ASIBUKA
    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar HTML
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.