Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Cara Memasang Anti Adblock di Blogger

Daftar Isi

    Adblock mungkin menjadi salah satu 'musuh' bagi publisher yang mengandalkan pemasukan dari iklan seperti AdSense ataupun ad network lainnya. Pasalnya, adblock membuat iklan di blog tidak tayang. Tentu, jika iklan tidak tayang, maka semakin kecil juga penghasilan dari si publisher.

    Terlebih lagi, kini fitur Adblock ini tidak hanya berupa ekstensi, tapi juga sudah mulai diterapkan di sebagai default system oleh beberapa browser.

    Untuk mengantisipasi hal ini, kita bisa melakukan beberapa hal, salah satunya adalah memasang script anti adblock di blog atau website.

    Jika kamu mau memasang script anti adblock ini di blog kamu, silahkan ikuti panduan berikut ini.

    Alat

    1. Komputer / Laptop

    Bahan

    1. Koneksi Internet
    2. Blogger Blog
    3. Akun Blogger/ Google

    Lainnya

    Estimasi Waktu: 5 menit.

    Biaya: Rp0

    Panduan

    Langkah 1 - Copy script anti-adblock.js

    Pertama, silahkan kamu copy script di bawah ini dan simpan di Notepad.

    <script>/*<![CDATA[*/
    var lazyadblock = false;window.addEventListener("scroll", function(){if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadblock === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadblock === false)) {(function() { var adblock = document.createElement('script'); adblock.async = true; adblock.src = 'https://blog.asibuka.com/file/js/antiadblock.js'; var scblock = document.getElementsByTagName('script')[0]; scblock.parentNode.insertBefore(adblock, scblock); })();lazyadblock = true;}}, true);
    //]]></script>

    Langkah 2 - Login ke Blogger

    Setelah itu, silahkan kamu masuk ke Blogger menggunakan akunmu. Lalu, pilihlah blog yang mau kamu pasangi script jika kamu punya lebih dari 1 blog.

    Langkah 3 - Masuk menu Theme, lalu masuk menu Edit HTML

    Jika kamu sudah ada di blog ya dimaksud, langsung saja buka menu Theme atau Tema lalu pilih opsi Edit HTML untuk masuk ke Template Editor.

    Langkah 4 - Cari kode </body> atau &lt;/body&gt;

    Di halaman Template Editor, silahkan kamu klik script-mu, lalu tekan tombol CTRL+F untuk mengaktifkan fitur Find dari template Editor. Jika sudah muncul silahkan cari tag penutup </body> atau &lt;/body&gt;. Kamu juga bisa lakukan secara manual dengan scroll ke bagian bawah script template kamu.

    Langkah 5 - Pastekan script di atas </body>

    Jika sudah ketemu, tinggal kamu paste-kan saja script yang kamu copy pada langkah pertama tepat di atas tag </body> tersebut. Jika di atas tag </body> sudah ada tag penutup </script>, kamu bisa masukkan script yang sudah kamu copy di atas tag penutup </script> tersebut dengan menghapus <script> dan </script> yang ada pada teks yang sudah kamu copy terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mengurangi DOM dari template kamu.

    Hasilnya kurang lebih jadi seperti ini:

    <script>/*<![CDATA[*/
    var lazyadblock = false;window.addEventListener("scroll", function(){if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadblock === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadblock === false)) {(function() { var adblock = document.createElement('script'); adblock.async = true; adblock.src = 'https://www.ninura.com/main/js/antiadblock.js'; var scblock = document.getElementsByTagName('script')[0]; scblock.parentNode.insertBefore(adblock, scblock); })();lazyadblock = true;}}, true);
    //]]></script></body>

    Langkah 6 - Save template

    Selesai. Terakhir, silahkan kamu save template kamu dan silahkan kamu cek hasilnya.

    Hasil

    Untuk hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

    Notifikasi itu hanya akan muncul jika script mendeteksi adanya penggunaan script adblock yang membatasi penayangan iklan. Jika pengunjung tidak menggunakan adblock, maka notifikasi ini tidak akan muncul.

    Kelebihan

    Script yang saya bagikan pada langkah pertama tadi sudah menggunakan efek lazy scroll dimana script baru akan aktif jika pengunjung kamu menggunakan adblock dan men-scroll halaman blog kamu. Jika tidak, maka script tidak akan dimuat dan tidak akan mengganggu Pagespeed dan GTMetrix blog kamu.

    Jika kamu mau memasang yang biasa saja tanpa efek lazy load, kamu bisa ganti script pada langkah pertama dengan script ini:

    <script async='async' src='https://blog.asibuka.com/file/js/antiadblock.js'></script>

    Kekurangan

    Script ini kadang tidak berfungsi menghadapi Adblock yang dibangun oleh sistem bawaan browser. Selain itu, memasang script ini juga bisa berisiko mengurangi kenyamanan pengunjung blog kamu.

    Oleh karena itu, silahkan kamu pertimbangkan sendiri apakah perlu memasang script ini atau tidak.

    Itulah sedikit yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar di bawah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.