Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Cara Membuat Credit Saat Artikel Blog Dicopy

Daftar Isi

    Kamu pernah nggak merasa kesal ketika artikel yang sudah kamu tulis susah payah dengan mudahnya di-copy oleh orang lain? Terlebih lagi ketika artikel kita di-copy lalu diakui sebagai karyanya sendiri. Kalau kita tidak tahu sih nggak apa-apa, ya. Tapi kalau kita tahu kadang jadi sebel, kan?

    Setelah saya sedikit mengamati dan belajar tentang blogging, ternyata ada satu ikhtiar atau usaha yang bisa kita lakukan untuk memberi perlindungan atau credit pada setiap artikel yang kita unggah di blog.

    Credit yang akan disisipkan kali ini adalah credit yang muncul ketika ada teks dari blog kita yang di-copy. Ketika di-paste, maka teks credit akan serta-merta muncul setelah teks yang di-copy. Dengan begitu, user akan tahu tentang kebijakan menggunakan konten yang ada di blog kita sesuai aturan.

    Untuk kamu yang menggunakan Blogger dan mau memasang script ini di blog kamu, silahkan kamu ikuti panduan berikut ini.

    Alat

    1. Komputer / Laptop / Handphone

    Bahan

    1. Koneksi Internet
    2. Akun Blogger

    Lainnya

    Estimasi Waktu: 5 menit.

    Biaya: Rp0

    Panduan

    Langkah 1 - Copy script nocopas.js

    Pertama, silahkan copy script di bawah ini.

    Langkah 2 - Login ke Blogger

    Selanjutnya, silahkan kamu login ke akun Blogger kamu. Pilih blog yang ingin kamu pasangi script ini (jika kamu punya lebih dari satu blog).

    Langkah 3 - Masuk menu Edit HTML

    Setelah itu, kamu masuk ke menu Theme, lalu di bagian pilihan kamu pilih opsi Edit HTML.

    Langkah 4 - Cari Tag </body> atau &lt;/body&gt;

    Langkah selanjutnya, silahkan kamu tekan bagian template editor lalu tekan CTRL+F. Kemudian ketik </body> atau &lt;/body&gt;. Lalu tekan enter. Kamu juga bisa melakukannya dengan scroll ke bagian paling bawah template editor kamu karena lokasi dari tag tersebut ada di bagian paling bawah.

    Langkah 5 - Paste-kan script di atas tag </body> atau &lt;/body&gt;

    Langkah berikutnya, silahkan kamu paste-kan script yang sudah kamu copy di langkah pertama tadi  tepat di atas tag </body> atau &lt;/body&gt;. Jika di atas tag </body> sudah ada tag </script>, maka kamu bisa paste-kan script-nya di dalam tag </script> yang sudah ada dengan sebelumnya menghapus tag <script> dan </script> yang ada di script yang kamu copy. Dengan begitu, kamu bisa sedikit mengurangi DOM dari script.

    Hasil harusnya kurang lebih seperti ini:

    <script>
    /*<![CDATA[*/
    function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink="<p>Tulisan ini diambil dari: "+document.location.href+"</p>",copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
    /*]]>*/</b:if></script>
    </body>
    Catatan: Pada kode di atas, saya sudah menggunakan conditional tag untuk postingan saja, jadi copy paste yang dilakukan di luar halaman postingan tidak akan memunculkan credit. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban loading di awal.

    Langkah 6 - Save template

    Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah Save Template dengan menekan tombol Save yang ada di bagian kanan atas template editor kamu. Tunggu sampai proses saving selesai. Setelah itu, silahkan cek bagaimana hasilnya.

    Penutup

    Setting Script

    Kamu bisa mengubah hasil teks yang dimuat oleh script dengan mengedit bagian ini pada script:

    "<p>Tulisan ini diambil dari: "+document.location.href+"</p>"

    Kamu bisa atur format dari credit tersebut sesuai kebutuhan dan keinginan kamu. Perlu diketahui bahwa credit tersebut dibangun menggunakan format HTML jadi, kamu bisa menambahkan variasi bold dan lain-lain jika perlu. Meski begitu, kamu perlu perhatikan penggunaan titik dua (quot) saat menerapkannya.

    Untuk bagian lainnya dari script nggak perlu diubah karena jika iya, bisa berakibat script tidak bekerja.

    Hasil

    Untuk memeriksa hasilnya, silahkan kamu buka salah satu artikel di blog kamu. Setelah itu, kamu copy teks dari artikel kamu. Maka akan muncul tulisan berupa credit di bagian akhir teks yang kamu copy.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu coba melalui Codepen berikut ini:

    Silahkan kamu copy tulisan apapun yang ada di dalam codepen di atas, maka di akhir teks yang kamu copy akan muncul tulisan kurang lebih seperti ini:

    Tulisan ini diambil dari: Link Sumber

    Manfaat

    Dengan menerapkan script sederhana ini, setiap artikel yang dicopy oleh orang lain entah untuk dijadikan referensi ataupun memenuhi kebutuhan lainnya seperti tugas misalnya, akan langsung mengcopy beserta credit yang mengarah ke artikel blog kamu.

    Lalu jika ada diantara kamu yang berpikir seperti ini,

    Kan credit kaya begini tinggal dihapus lagi ketika udah dicopy.

    Memang betul. Tapi, sesuai apa yang saya katakan sebelumnya, ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kita untuk melindungi artikel kita dari pencuri-pencuri nakal. Selain itu, script ini juga bisa menjadi reminder untuk si pelaku copy untuk memberi backlink atau menaruh credit yang proper ke artikel kamu sebagai rujukan.

    Selain itu, script ini pure javascript sehingga nggak akan membuat loading blog jadi berat. Oleh karena itulah saya menyarankannya juga ke kamu.

    Mungkin itu saja sedikit tutorial tentang cara membuat credit otomatis saat artikel blog kita dicopy. Tips ini bisa kamu gunakan di platform lain yang memungkinkan kamu mengelola script seperti Wordpress atau Drupal.

    Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya lainnya.

    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.