Skip to HeaderSkip to PostSkip to Footer

Blogger Robots Header Tags: Pengertian dan Tips Penerapan yang Baik

Daftar Isi

    Kali ini saya akan membagikan rangkuman materi tentang Robots Header Tags di platform Blogger lengkap beserta saran penerapan di blog masing-masing berdasarkan hasil percobaan saya pribadi.

    Pengertian Robots Header Tags

    Robots Header Tags atau sering disebut juga dengan istilah X-Robots-Tag adalah perintah yang dikhususkan untuk webcrawlers dari mesin pencari agar dapat membatasi proses crawling atas konten dari suatu halaman website.

    Robots Header Tags berfungsi sama seperti Robots Meta Tag, namun bedanya X-Robots-Tag bekerja melalui server sehingga tidak diperlukan kode meta yang harus ditempatkan dalam struktur kode sebuah website atau blog.

    Jenis Robots Header Tags

    Secara umum, berikut adalah daftar perintah yang bisa digunakan dalam Robots Tag:

    • noindex
    • nofollow
    • none
    • noarchive
    • nositelinkssearchbox
    • nosnippet
    • indexifembedded
    • max-snippet
    • max-image-preview
    • max-video-preview
    • notranslate
    • noimageindex
    • unavailable_after
    • all

    Meski begitu, pada artikel ini, yang akan dibahas hanya beberapa saja, yaitu perintah-perintah yang tersedia di fitur Robots Header Tags bawaan Blogger, yaitu:

    • noindex
    • nofollow
    • none
    • noarchive
    • nosnippet
    • notranslate
    • noimageindex
    • unavailable_after
    • all

    Untuk yang ingin tahu tentang fungsi dari masing-masing perintah di atas, silahkan baca bagian F.A.Q.

    Alat

    1. Komputer / Laptop / Handphone

    Bahan

    1. Koneksi Internet
    2. Akun Blogger

    Lainnya

    Estimasi Waktu: 5 menit.

    Biaya: Rp0

    Panduan

    Langkah 1 - Login ke Blogger

    Langkah pertama, silahkan kamu login ke akun Blogger-mu seperti biasa. Masukkan email dan password-mu. Setelah itu, silahkan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.

    Langkah 2 - Aktifkan Robots Header Tags

    Setelah membuka menu Pengaturan, silahkan scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian Crawlers and Indexing. Lalu, aktifkan opsi Robots Header Tags

    Langkah 3 - Setting Pengaturan Bawaan untuk Homepage

    Lalu, kamu buka menu pengaturan untuk Homepage atau halaman muka. Untuk bagian Homepage, silahkan kamu aktifkan saja opsi ALL seperti pada gambar.

    Dengan mengaktifkan ALL, maka kamu memberi tahu webcrawlers untuk mengindeks halaman awal dan juga semua link yang ada di halaman awal. Ini penting karena halaman muka (homepage) adalah halaman yang penting untuk terindeks sebagai langkah awal.

    Untuk bagian lainnya tidak perlu diaktifkan. Setelah itu, tekan simpan dan lanjut ke langkah beriktunya.

    Langkah 4 - Setting Pengaturan Bawaan untuk Halaman Arsip dan Pencarian

    Selanjutnya, buka bagian Arsip dan Pencarian lalu aktifkan semua opsi selain ALL. Kemudian tekan Simpan.

    Halaman arsip dan pencarian adalah halaman yang bersifat dinamis dan mungkin berubah-ubah. Meski begitu, akan percuma untuk kita memunculkan halaman arsip dan pencarian di hasil pencarian mesin pencari karena pengguna akan serta merta keluar dari halaman tersebut ketika mengetahui pengguna tidak menemukan apa yang mereka butuhkan.

    Opsi ini saya rekomendasikan agar blog kamu tidak dianggap SPAM karena banyak halaman yang serupa namun tidak ada konten bermutu di dalamnya.

    Selain itu, metode ini juga dapat digunakan untuk menghindari duplicate content.

    Jika sudah, tekan Simpan lalu lanjut ke langkah berikutnya.

    Langkah 5 - Setting Pengaturan Bawaan untuk Halaman Postingan dan Halaman Statis

    Terakhir, buka bagian Postingan dan Halaman Statis lalu aktifkan opsi ALL saja dan hiraukan opsi lainnya. Tekan simpan. dan selesai.

    Jika sudah, maka kamu sudah selesai mengatur bagian Blogger Robots Header Tags ini.

    Setting-an ini akan menjadi pengaturan bawaan untuk semua postingan kamu nantinya.

    Tambahan

    1. Pengaturan yang kamu lakukan sebelumnya akan menjadi pengaturan default atau bawaan untuk semua postingan blog dan halaman statis yang baru. Untuk mengatur setiap halamannya kamu bisa lakukan di bagian postingan.
    2. Kamu bisa menggabungkan Robots Header Tags, Meta Robots Tags dan Robots.txt selama itu tidak bertabrakan. Namun kamu perhatikan baik-baik pengaturannya. Karena jika ada crashed atau tabrakan fungsi, maka dapat berimbas pada sulitnya halaman website atau blogmu untuk diindeks oleh mesin pencari.

    Frequently Asked Questions

    Apa itu NOODP?

    NOODP adalah singkatan dari NO Open Directory Project. NOODP digunakan untuk memberi tahun webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengindeks informasi judul artikel / judul blog dan meta deskripsi dari artikel / blog dari direktori publik seperti DMOZ.

    Apa itu NOINDEX?

    NOINDEX adalah perintah yang diberikan untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman tertentu. Jika opsi ini dicentang, maka mesin pencari tidak akan menambahkan artikel tersebut ke hasil pencarian mesin pencarian mereka.

    Apa itu NOFOLLOW?

    NOFOLLOW adalah perintah kepada webcrawlers mesin pencari agar tidak mengikuti link apapun yang ada di halaman tertentu. Biasanya, perintah ini diaktifkan pada artikel-artikel yang banyak mengandung outbound link sehingga blog kita tidak dianggap sebagai blog spam dan kena penalti.

    Apa itu NONE?

    NONE adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengindeks dan tidak mengikuti link apapun yang mempunyai tag ini. Tag NONE setara dengan menggunakan tag NOINDEX dan NOFOLLOW sekaligus.

    Apa itu NOARCHIVE?

    NOARCHIVE adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak meng-cache link dari halaman yang terdapat tag ini. Mesin pencari seperti Google biasanya meng-cache suatu halaman agar dapat memuat halaman tersebut lebih cepat. Jika kamu tidak suka dengan metode tersebut, maka kamu bisa menggunakan tag ini menghindari mesin pencari menyimpan cache untuk halaman tertentu di web kamu.

    Apa itu NOSNIPPET?

    NOSNIPPET adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengambil cuplikan dari konten kita sebagai meta deskripsi. Selain itu, NOSNIPPET juga memberitahu webcrawlers untuk tidak menampilkan pratinjau video (jika diperlukan) untuk memberikan hasil pencarian yang optimal. Jika kamu mengaktifkan tag ini, maka mesin pencari akan mengambil data dari konten yang ada di halaman tersebut sebagai deskripsi pengganti.

    Apa itu NOTRANSLATE?

    NOTRANSLATE adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak menawarkan penerjemahan untuk halaman yang mengaktifkan tag ini. Sebaliknya, jika kamu tidak mengaktifkan tag ini, mesin pencari seperti Google atau Bing mungkin saja menampilkan konten website-mu dalam bahasa yang diterjemahkan.

    Lalu, apabila pengguna membuka hasil penelusuran yang diterjemahkan oleh mesin pencari, maka pengguna akan membaca keseluruhan konten kamu yang sudah diterjemahkan menggunakan teknologi yang dimiliki oleh mesin pencari.

    Contohnya, jika ada pengguna yang mengakses konten web kita yang ditemukan oleh pengguna melalui hasil penerjemahan Google, maka pengguna akan mengakses konten tersebut dengan fitur tambahan dari Google Translate.

    Apa itu NOIMAGEINDEX?

    NOIMAGEINDEX adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengindeks semua gambar yang ada di halaman yang menggunakan tag ini. Dengan begitu, gambar tidak akan muncul di hasil pencarian mesin pencari. Tag ini sangat berguna jika kamu sering berbagi konten berupa gambar yang ditujukan secara eksklusif di web-mu sehingga pengguna harus mengakses website-mu untuk melihat konten gambar tersebut.

    Sisi negatifnya, jika kamu menggunakan tag ini, maka konten gambar-mu mungkin tidak akan bisa menjangkau audiens yang lebih luas berkat bantuan mesin pencari.

    Apa itu UNAVAILABLE_AFTER?

    UNAVAILABLE_AFTER adalah perintah untuk webcrawlers mesin pencari untuk menghapus indeks dari hasil pencarian setelah tanggal yang ditentukan. Tag ini sangat berguna jika kamu mempunyai konten yang informasinya bergantung pada waktu sehingga informasi tersebut tetap relevan. Contohnya, postingan lowongan pekerjaan, pengumuman tentang promo tertentu, atau artikel informasi mengenai sebuah acara yang akan dilakukan.

    Dengan memanfaatkan tag ini kamu bisa selamat dari pinalti yang diberikan oleh beberapa mesin pencari.

    Konten yang tidak relevan dianggap menggangu dan tidak bermanfaat bagi pengguna sehingga seringkali mesin pencari menurunkan peringkat website yang sering menyajikan konten yang tidak relevan.

    Apa itu ALL?

    ALL adalah perintah bawaan yang akan diberlakukan jika kamu tidak mengaktifkan robots tag apapun. ALL berarti tidak ada batasan bagi webcrawlers mesin pencari untuk melakukan scan dan indeks terhadap konten yang ada di halaman.

    Jika sudah menggunakan NONE, apakah perlu menggunakan NOINDEX dan NOFOLLOW juga?

    Tidak karena sejatinya fungsi dari NONE adalah memberi perintah pada webcrawlers mesin pencari untuk tidak mengindeks dan tidak mengikuti link apapun yang ada di halaman tersebut.

    Penutup

    Itulah sedikit rangkuman tentang Robots Header Tags yang merupakan salah satu fitur bawaan dari platform Blogger beserta tips singkat penggunaannya supaya dapat mendongkrak SEO dari blog. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

    Referensi

    • https://developers.google.com/search/docs/crawling-indexing/robots-meta-tag
    Anda mungkin menyukai postingan ini
    Komentar

    Posting Komentar

    Harap berikan komentar yang relevan dengan topik tulisan.
    Jangan menyertakan link yang tidak berhubungan dengan konten tulisan. Apabila komentar mengandung link (apalagi yang tidak relevan), maka komentar akan dihapus.
    Budayakan sopan santun, hindari penggunaan bahasa yang provokatif, SARA, pornografi.
    Kritik dan saran yang membangun untuk konten ataupun untuk blog sangat berarti bagi kemajuan blog ini.

    Seputar Blogger
    Link Kami
    Histats
    PageSpeed Insight Tested
    Valid AMPHTML
    W3C HTML5 Valid
    W3C CSS Valid
    W3C RSS Feed Valid
    W3C Atom Feed Valid
    SSL Secure
    DMCA.com Protection Status

    Mohon Maaf!

    Karena tingginya potensi pencurian konten melalui metode Printing, ASIBUKA memutuskan untuk menonaktifkan fitur print langsung melalui browser. Jika kamu ingin mengcopy materi dari blog ini, silahkan hubungi pengelola blog melalui kontak yang telah disediakan.